Kucing hitam seharusnya memang Hitam

Kucing hitam seharusnya memang Hitam

Dear Catlovers,

Terimakasih atas partisipasi Anda dalam mengungkapkan permasalahan dalam merawat kucing Black. Dari pengalaman selama ini memelihara kucing hitam, saya ingin share apa yang harus dihindari dan apa yang dibutuhkan oleh kucing berwarna hitam.

YANG PERLU DIHINDARI :

  1. Pemakaian shampoo yang berbahan deterjen tinggi (lebih dari 30%) tidak baik bagi kucing hitam. Deterjen atau bisa disebut Sodium Lauryl Sulfate/Laureth Sulfate (SLS) dapat menyebabkan iritasi dan kering pada batang bulu dan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan deterjen yang mengerus lapisan batang bulu hingga batang bulu tdk terproteksi oleh melamin lagi.
  2. Kucing black juga tidak boleh memakai shampoo dengan kandungan silikon. Pemakaian pewarna atau conditioner mengandung silikon harus dihindari terutama untuk si black. Biasanya silikon digunakan untuk menjaga kelembaban bulu, melapisi bulu sehingga halus dan kilat. Silikon ini sifatnya waterproof, susah dibersihkan dan membuat bulu mudah menarik kotoran/polutan shg si black cepat berminyak dan ketombean.
  3. Hindari si hitam terkena sinar matahari berlebihan. Black masih bole morning sunbath dan masi boleh kena cahaya lampu. Biasanya kucing punya respon sendiri terhadap yg lebih. Kucing black jika berjemur baiknya dibebaskan saja, biar mereka yg mengatur seberapa mereka tolerir thdp panas. Vitamin dalam badan, hanya akan bekerja maksimal jika ketemu dengan nutrisi dr sinar matahari. Jd jangan ketakutan saat si black anda mencari matahari.

 

YANG DIBUTUHKAN :

  1. Kucing black membutuhkan asupan protein yang cukup. Protein bernama keratin mendukung pertumbuhan bulu yg sehat dan kuat. Jadi jangan hanya keratin di shampoo aja ya, keratin di badan harus diperhatikan dengan memberikan kucing black konsumsi telur dalam dietnya. Selain itu jangan lupa, si black juga membutuhkan omega 3 supaya bulunya kilat. Dr tiap helai rambut si black, mengandung omega 3. Oleh sebab itu, asupan omega 3 hrs diperhatikan. Biasanya saya memberikan olive oil atau minyak ikan. Konsumsi 2 minggu dan stop 2 minggu, dan lanjut lagi.
  2. Biotin adalah senyawa vitamin B, biasanya digunakan untuk menyuburkan bulu, menjaga kekuatan akar dan menjaga kesehatan kulit, tapi jangan dikonsumsi berkepanjangan dan berlebihan untuk si black. Diselang seling aja, krn kelebihan biotin membuat si black menjadi kemerahan. Jd jaga keseimbangan nutrisi juga ya.
  3. Uban bisa juga merupakan masalah pigmentasi atau genetis. Harus bisa membedakan mana yg uban dan mana yg sebenarnya blue color. Kalau bulu biru pada kucing black adalah normal, yg tdk normal adalah uban yg banyak. Ciri ciri uban adalah putih pekat dr akar, apabila ditarik mudah sekali copot dibanding bulu sehat lainnya. Uban yg banyak adalah indikasi kekurang enzim tiroksin yang menghasilkan melamin. Oleh sebab itu terjadi gangguan pigmentasi. Pemberian nutrisi yang tepat mampu mengatasi masalah uban.

 

Model : Mamoera Black Armani

Photographed by : Rasyid Rasyid Ridha

Sumber : Yenny (Mamoera)

http://www.facebook.com/groups/Belajar.Grooming/

Share this post